• SD NEGERI PURWAREJA
  • SDN Purwareja BANGKIT

Storybook sebagai Trik Jitu Meningkatkan Literasi Siswa SDN Purwareja

Storybook sebagai Trik Jitu Meningkatkan Literasi Siswa SDN Purwareja

Oleh : Lilik Wahyono, M.Pd

Literasi merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi anak-anak sekolah dasar. Kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks tidak hanya mendukung prestasi akademik, tetapi juga menjadi bekal untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itulah SDN Purwareja berupaya melakukan inovasi pembelajaran yang menarik, salah satunya dengan penggunaan storybook dalam kegiatan belajar di kelas.

Mengapa Storybook?

Storybook atau buku cerita bergambar menjadi media yang dekat dengan dunia anak. Cerita yang sederhana, ilustrasi yang menarik, serta bahasa yang mudah dipahami membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, storybook juga mampu menumbuhkan imajinasi, rasa ingin tahu, dan empati melalui tokoh serta alur cerita yang disajikan.

Trik Penggunaan Storybook di Kelas

Agar storybook benar-benar efektif meningkatkan literasi, ada beberapa trik yang dapat diterapkan guru di SDN Purwareja:

  1. Pemilihan Buku yang Tepat
    Pilih buku cerita sesuai usia dan tingkat pemahaman siswa. Untuk kelas rendah, buku dengan ilustrasi dominan sangat membantu. Sedangkan untuk kelas tinggi, buku dengan alur cerita yang lebih kompleks bisa menjadi pilihan.
  2. Membacakan dengan Ekspresi
    Guru sebaiknya membacakan storybook dengan intonasi, mimik wajah, dan gaya suara yang menarik. Hal ini membuat siswa lebih fokus dan merasa terlibat dalam alur cerita.
  3. Mengajak Siswa Bertanya dan Menjawab
    Setelah cerita selesai, ajukan pertanyaan sederhana seputar isi cerita. Misalnya: “Siapa tokoh utama dalam cerita ini?” atau “Apa yang kamu pelajari dari kisah ini?” Dengan begitu, kemampuan memahami bacaan akan semakin terasah.
  4. Kegiatan Lanjutan Kreatif
    Cerita dalam storybook dapat dijadikan inspirasi untuk berbagai aktivitas seperti menggambar tokoh, menulis ulang cerita dengan kata-kata sendiri, atau bahkan bermain peran. Cara ini akan memperkuat keterampilan menulis sekaligus menumbuhkan kreativitas siswa.
  5. Kolaborasi dengan Orang Tua
    Orang tua diajak untuk melanjutkan pembiasaan membaca di rumah. Guru dapat merekomendasikan beberapa storybook yang bisa dibaca bersama anak sehingga literasi tidak hanya berkembang di sekolah, tetapi juga di lingkungan keluarga.

Rekomendasi Storybook untuk Siswa SD

Kelas Rendah (1–3)

  • Si Kancil dan Buaya – cerita rakyat Nusantara.
  • Timun Mas – kisah legenda Jawa.
  • Aku Suka Membaca (seri BIP).
  • Cerita Bergambar Seri Fabel Nusantara.
  • Petualangan Oci (Widya Ross).

Kelas Tinggi (4–6)

  • Laskar Pelangi (Andrea Hirata, versi adaptasi anak).
  • Sahabat Rara (Reda Gaudiamo).
  • Si Putih dan Tiga Anak Manusia (Arleen Amidjaja).
  • Kumpulan Cerita Anak Indonesia (Puspa Swara).
  • Matilda (Roald Dahl, terjemahan).

Semua Kelas (dengan pendampingan)

  • Kumpulan Dongeng Dunia.
  • Fabel Dunia Binatang (Aesop).
  • Aku Bisa! (Seri Literasi Dini).

Dampak Positif di SDN Purwareja

Penerapan storybook diharapkan dapat meningkatkan minat baca, daya imajinasi, serta kemampuan memahami teks siswa SDN Purwareja. Lebih dari itu, kegiatan ini juga menjadi sarana memperkuat hubungan antara guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan budaya literasi yang menyenangkan.

Dengan semangat kebersamaan, SDN Purwareja siap menjadikan storybook sebagai media pembelajaran kreatif demi lahirnya generasi yang cerdas, berkarakter, dan gemar membaca.

Bagikan artikel ini:
Komentar

Ayo siapkan buku cerita anda

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Penjaringan Kesehatan dan Sosialisasi Sikat Gigi yang Baik di SDN Purwareja

Dalam upaya menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik, SDN Purwareja bekerja sama dengan Puskesmas Sematu Jaya Kabupaten Lamandau menyelenggarakan kegiatan Penjaringan K

21/07/2025 08:31 - Oleh Galang Teguh Wahyono,S.Kom - Dilihat 257 kali